PENDEKATAN PEMBELAJARAN



PENDEKATAN PEMBELAJARAN

A. Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Banyak kegiatan belajar mengajar yang bisa dilakukan oleh guru.Yaitu guru memberikan bahan belajar kepada siswa untuk dikerjakan secara individu di kelas.Guru bertugas mengontrol masing-masing siswa dan memberikan bimbungan.Guru menyesiakan bahan yang diperlukan oleh masing-masing kelompok dan memberikan bimbingan yang dibutuhkan.

  1. Pendekatan ditinjau dari segi pengolahan pesan

Terdapat dua cara pandangan mengenai pendektan dalam proses belajar
a)      Belajar penerimaan, Langkah-langkahnya sebagai berikut
·         Penyajian informasi diberikan dalam bentuk demonstrasi
·         Tes terhadap resepsi, ungkapan, dan pemahaman
·         Menyediakan kesempatan untuk menerapkan prinsip umum sebagai latihan
·         Menyesdiakan kesempatan untuk penerapan kedalam situasi nyata
b)      Belajar penemuan,langkahnya sebagai berikut
·         Menyajikan kesempatan untuk bertindak atau berbuat
·         Tes taerhadap pemahaman hubungan sebab akibat
·         Penyajian kesempatan guna penerapan hal yang dipelajari ke dalam situasi atau masalah yang nyata


  1. B.     Pendekatan ditinjau dari segi pengorganisasian siswa

1.      Pembelajaran secara individual
Ciri-ciri utama pembelajaran individual dapat dilihat dari beberapa hal
·         Pencapaian tujuan pengajaran
Pencapaian tujuan pengajaran pada pengajaran individual tergntung kepada kemampuan individual siswa
·         Peranan siswa dan guru
Pada pembelajaran individual siswa memiliki keluasan dalam beberapa hal.dan peran guru pada pembelajaran individual adalah membantu merencanakan kegiatan mengorganisasikan kegiatan belajar, memberikan fasilitas, dan mempermudah car belajar
·         Program pembelajaran
Program pembelajaran individual adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan secara mandiri dengan bantuan yang sangat minim dari guru.Program pembelajaran individual berorientasi pada pembarian fasilitas pada setiap siswa agar siswa dapat belajar secara mandiri.

2.      Pembelajaran Secara Kelompok
Ciri-cirinya adalah sebagai berikut
·         Pencapaian tujuan pengajaran
Pencapaian pengajaran pada pembelajaran kelompok dapat dicapai melalui proses kerja kelompok.Pembagian kerja untuk masing-masing anggota kelompok
·         Peranan guru dan siswa
Dalam pembelajaran kelompok siswa adalah anggota kelompok belajar.dan memiliki kesadaran bersama untuk mewujudkan tujuan kelompok.Peran guru dalam pembelajaran kelompok adalah memberikan perhatian kepada semangat kerja kelompok dalam memecahkan masalah kelompok
3.      Pembelajaran secara klasikal
Penagajaran secara klasikal merupakan pengajaran yang paling praktis dimana seorang guru menghadapi siswa yang jumlahnya mencapai empat puluhan.
Pengelolaan pembelajran bertujuan untuk mencapai tujuan belajar.Tekanan utama dalam pembelajaran klasikal adalah anggota kelas.Oleh karna itu perlu menyusun desain instruksional yang lengkap


  1. C.     Pendekatan Ditinjau Dari Segi Format Belajar

·         Pembelajaran tatap muka, adalah proses pembelajaran dimana guru dan siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang berlangsung.Permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran langsung dapat dibicarakan dengan guru
·         Pembelajaran non-tatap muka, yaitu siswa tidak berinteraksi secara langsung dengan siswa.Dalam belajar mandiri siswa menggunakan bahan belajar yang telah di desai secara khusus.Bahan tersebut dipelajari tanpa adanya guru


  1. D.    Posisi Guru dan Siswa dalam Pengelolaan Pesan
Dalam kegiatan belajar mengajar guru berusaha agar pesan atau materi pelajaran dapat dikuasai siswa dengan baik.Cara yang ditmpuh dititk beratkan kepada yang harus dilakukan oleh siswa sehingga memperoleh pengalaman langsug dalam kegiatan pemblajaran.Peran guru adalah sebagai fasilitator dan motivator

No comments: