Contoh Proposal Kerjasama



PROPOSAL KERJA SAMA MITRA SUB-AGENT
AET TOUR & TRAVEL
(PT. PENJURU WISATA NEGERI)

Kepada Yth. Bapak/Ibu Calon Mitra Sub-Agent
AET Tour and Travel
Di Tempat

Biro Perjalanan Wisata
Bisnis pariwisata merupakan salah satu sektor bisnis yang geliatnya begitu terasa akhir-akhir ini. Hal ini didukung oleh kemajuan peradaban manusia yang berjalan berbanding lurus dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan manusia. Satu dekade yang lalu pariwisata hanya menjadi perbincangan kalangan atas di Indonesia, namun saat ini seolah-olah telah menjadi milik semua orang.
Bisnis ini begitu luas serta membuka kesempatan kerja sangat banyak, misalnya biro perjalanan wisata, perhotelan, industri kerajinan, transportasi dan sebagainya. Dalam konteks ini kita akan fokus dalam satu sektor bisnis saja, yaitu Biro Perjalanan Wisata (BPW). BPW sebagaimana umum diketahui setidaknya menjalankan bisnis penjualan tiket pesawat, tour, pengurusan dokumen perjalanan, sewa/rental mobil/bus pariwisata dan reservasi hotel.
Untuk mendirikan BPW dibutuhkan hal-hal sebagai berikut :
1.      Kantor (tidak perlu besar, 4 x 4 m untuk BPW baru sudah cukup)
2.      Komputer dan printer
3.      Listrik, telepon, dan koneksi internet
4.      1 orang karyawan
5.      Kontrak kerja sama dengan maskapai / MOU dengan BPW lain.
Kendala yang dihadapi oleh BPW baru tumbuh biasanya adalah kesulitan dalam membuat kerja sama dengan maskapai, karena untuk dapat bekerja sama langsung dengan maskapai, BPW harus berbadan hukum PT, terdaftar sebagai anggota ASITA, dan menunjukkan bukti penjualan tiket 3-6 bulan terakhir. Jika semua syarat-syarat tersebut lengkap barulah maskapai memulai proses dengan melakukan cek lapangan. Jika di suatu daerah terdapat banyak sekali BPW maka akan semakin sulit proposal kerja sama kita diterima. Sedangkan apabila proposal kerja sama kita disetujui, maka BPW harus menyediakan deposit untuk seluruh maskapai, dan jumlahnya lumayan besar.

Oleh sebab itu semua BPW baru menjalin kemitraan dulu dengan BPW lain untuk 1-2 tahun pertama. Setelah itu jika merasa sudah mampu bisa menjadi BPW mandiri. Banyak keuntungan bermitra dengan BPW yang sudah mapan, diantaranya :

1.      Modal awal akan jauh berkurang
2.      Tumbuh dan kembang bersama karena BPW mitra memiliki sistem pendampingan
3.      Meminimalkan resiko
4.      Mempercepat proses operasional, karena pada saat MOU ditandatangani, BPW baru langsung dapat beroperasi.

AET Travel dan Kelebihannya
AET Travel PT. Penjuru Wisata Negeri telah berpengalaman dan fokus dalam mengembangkan kemitraan. Kelebihan sistem yang kami tawarkan kepada mitra antara lain :
1.      Sistem kerja sama mengutamakan keuntungan kepada mitra (pada bab lain akan dijelaskan lebih detail).
2.      Kami telah bekerja sama dengan Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya Air, Citilink dan Air Asia (maskapai yang dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat Sumatera Barat dan Indonesia umumnya), dan juga ratusan hotel berbintang, home stay, wisma di Indonesia.
3.      Biaya joinfee dan deposit bisa disesuaikan dengan kemampuan calon mitra.
4.      Sistem operasional yang sangat mudah.
5.      Sistem penyelenggaraan tour yang baik dan memiliki jadwal tetap selama 1 tahun sehingga memudahkan pemasaran. Sistem ini juga memberikan peluang besar keuntungan kepada mitra.
Potensi Pendapatan Mitra
1.      Penjualan Tiket Pesawat
Keuntungan yang didapatkan oleh mitra pada saat penjualan tiket pesawat berkisar antara 3%-7% dari harga jual tiket (masing-masing maskapai memiliki ketentuan yang berbeda). Misalnya harga tiket Rp. 500.000an, keuntungan mitra berkisar antara Rp. 15.000-Rp. 40.000 (tergantung maskapai). Dengan demikian potensi pendapatan harian akan menjadi sangat jelas. Jika dalam 1 hari saja dapat menjual 4  tiket maka kita sudah mendapatkan keuntungan yang berkisar antara Rp. 60.000- Rp. 160.000. Jika kita memiliki relasi yang baik dengan banyak orang maka potensi keuntungan penjualan tiket akan semakin besar.

2.      Tour
Untuk penyelenggaraan tour yang terencana sesuai paket AET Travel, mitra akan mendapatkan fee rata-rata Rp. 400.000/orang. Sedangkan tour yang diselenggarakan dalam bentuk group keuntungan yang akan diperoleh adalah 20%-30% dari nilai kontrak.

3.      Reservasi Hotel
Untuk setiap pemesanan 1 kamar 1 malam mitra akan dapatkan keuntungan antara                    Rp. 20.000-Rp. 200.000 (tergantung jenis hotel dan type kamar).


Bisnis Penjualan pulsa/counter HP
Sebagaimana disebutkan diatas, syarat untuk didirikannya BPW diantaranya adalah kantor, komputer dan printer, listrik, telepon serta koneksi internet, dan terakhir kerja sama dengan maskapai atau BPW lain. Diantara syarat-syarat tersebut sebagian besarnya telah dimiliki oleh pemilik bisnis counter HP/pulsa, yaitu telah memiliki kantor, dan memiliki komputer dan printer. Jika usaha ini digandeng dengan bisnis BPW maka hanya tinggal menambah telepon dan jaringan internet yang biayanya hanya lebih kurang Rp. 500.000.
Bisa dipastikan dengan sedikit pengorbanan, bisnis counter HP/pulsa akan lebih maju dan pendapatan akan lebih meningkat. Menerima pendaftaran 1 peserta tour saja sudah mendapatkan         Rp. 400.000, belum lagi jika ditambah dengan potensi pendapatan lainnya. Mengingat potensi penggabungan bisnis ini terbuka lebar dan menjanjikan keuntungan yang banyak maka kami menawarkan proposal kerja sama ini.

Tawaran Kerja Sama
AET Travel PT. Penjuru Wisata Negeri memiliki 2 paket kemitraan yang dapat dipilih sesuai kemampuan calon mitra, diantaranya :
1.      Paket Platinum
Biaya joinfee   : Rp.   5.000.000
Deposit                        : Rp. 20.000.000
Total                : Rp. 25.000.000

Ketentuan :
-          Mitra mendapatkan keuntungan penjualan tiket 100 % sesuai dengan yang tertera pada sistem online maskapai penerbangan.
-          Untuk setiap pendaftaran 1 orang peserta tour terencana (paket AET Travel), mitra akan mendapatkan komisi Rp. 400.000
-          Untuk setiap reservasi hotel komisinya sesuai ketentuan(ada dalam daftar tarif hotel yang kami sediakan).
-          Mendapatkan user id booking dan issued sendiri sehingga pada saat penjualan tiket tidak perlu berkomunikasi dengan AET Travel.

2.      Paket Gold
Biaya joinfee   : Rp.   5.000.000
Deposit                        : Rp. 10.000.000
Total                : Rp. 15.000.000

Ketentuan :
-          Untuk setiap transaksi penjualan 1 tiket dipotong komisi untuk AET Travel sebesar Rp. 5.000.
-          Untuk setiap pendaftaran 1 orang peserta tour terencana (paket AET Travel), mitra akan mendapatkan komisi Rp. 300.000.
-          Untuk setiap reservasi hotel komisinya sesuai ketentuan (ada dalam daftar tarif hotel yang kami sediakan).
-          Mendapatkan user id booking dan issued sendiri sehingga pada saat penjualan tiket tidak perlu berkomunikasi dengan AET Travel.


Catt :
-          Deposit pada prinsipnya berfungsi sebagai uang jaminan. Jadi pada saat mitra telah memutuskan kerja sama maka deposit akan dikembalikan 100 %.
-          Perjanjian dibuat dalam bentuk MOU bermaterai.


Dengan penjabaran sebagaimana diatas, maka pemilik bisnis counter HP/pulsa,atau yang sudah memiliki perangkat hanya membutuhkan modal tambahan sebagai berikut :
-          Biaya joinfee                                                                           : Rp. 5.000.000
-          Sambungan telepon dan internet                                                          : Rp.    500.000
-          ATK                                                                                        : Rp.    100.000
-          Biaya pembuatan spanduk/baliho                                                        : Rp. 1.000.000
Total               : Rp. 6.600.000
“Hanya dengan menerima pendaftaran 17 orang peserta tour, sudah BALIK MODAL”

Adapun joinfee sifatnya uang jaminan saja, sehingga bisa diambil kapanpun pada saat mitra mengakhiri kerja sama. Karena itu tidak kita masukkan dalam perhitungan BEP.

Informasi lebih lanjut hubungi :
-          Edi Kurniawan 081363313592 / 08116666406 / 22E56FDE


-          Winda / Dhana : 085263478800 / 081993440088


-          RKN   : 0852 63 922 338 / Pin BB 28F8330B        

-          Nasution         : 0813 74 219 147 / Pin BB 27BB603E

Ttd


PIMPINAN AET TOUR & TRAVEL
(PT. PENJURU WISATA NEGERI)

No comments: