DESAIN EVALUASI PROGRAM
PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN
MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR SE KABUPATEN TANAH DATAR
A.Latar Belakang
Pendidikan dasar dilaksanakan di Sekolah
Dasar bertujuan untuk memberikan kemempuan “baca, tulis, hitung”.Pengetahuan
dan keterampilan dasar tersebut sangat bermanfaat bagi siswa sesuai dengan
tingkat perkembangannya serta mempersiapkan untuk mengikuti pendidikan lebih
lanjut.Sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003
Pasal 18 tentang Pendidikan Dasar yang berbunyi : “Pendidikan dasar bertujuan
untuk mengembangkan kepribadian, sikap, pengetahuan, dan keterampilan dasar
yang diperlukan untuk hidup dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Untuk merealisasikan tujuan diatas
pemerintah telah menetapkan Kurikulum 2004 yakni Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP).Pada kurikulum pendidikan dasar tepatnya pada keterampilan
proses dinyatakan bahwa mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar bertujuan
agar siswa mampu mengembangkan keterampilan memecahkan masalah serta mempunyai
sifat terbuka dan inovatif terhadap hal-hal yang baru yang bermanfaat bagi
pengembangan diri.Untuk menciptakan keterampilan yang baik dalam pembelajaran
matematika, guru harus memanfaatkan semua keterampilan yang ada dalam
pembelajaran.Salah satu pemanfaatan tersebut adalah penggunaan media
pembelajaranDalam pemanfaatan media dalam pembelajaran,khususnya dalam
pembelajaran matematika seorang guru juga harus mampu dalam membuat media
tersebut.
Oleh karena itu dibentuk sebuah
kepelatihan yang mampu melatih guru-guru agar bisa meningkatkan pengetahuan
serta kemampuannya dalam membuat dan menggunakan media dalam mengajar khususnya
dalam pelajaran matematika.Kepelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran
pada pembelajaran matematika dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh guru-guru di
sekolah dasar di Kabupaten Tanah Datar.
Namum dalam pelaksanaan pelatihan
tersebut terdapat banyak kekurangan.Setelah mengikuti kegiatan kepelatihan,
masih banyak guru yang belum mampu membuat maupun menggunakan media dalam
mengajar.Padahal telah mengikuti program kepelatihan secara maksimal.
Berdasarkan fenomena diatas maka
dilakukan evaluasi atau penilaian terhadap program kepelatihan yang
dilaksanakan tersebut yaitu “Peletihan Pembuatan dan Penggunaan Media
Pembelajaran Pada Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar Se Kabupaten
Tanah Datar”.
B.Problematika
Berdasarkan latar belakang yang telah
diuraikan, maka yang menjadi permasalahan pokok dalam evaluasi Program Peletihan Pembuatan dan
Penggunaan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah
Dasar Se Kabupaten Tanah Datar adalah:
1. Cover
Program
·
Apakah penulisan judul telah sesuai dengan
syarat judul program
·
Apakah judul pada cover sesuai dengan isi
program
·
Apakah pada cover tercantum nama pembuat program
·
Apakah judul mudah dipahami oleh pembaca
2. Latar
belakang
·
Apakah latar belakang sudah menjelaskan program
yang diadakan
·
Apakah ada kesesuaian permasalahan dengan
rancangan program
·
Apakah pada latar belakang terdapat kejelasan
fenomena yang mendasari pembuatan program
·
Apakah terdapat kesesuaian fenomena dengan
rancagan program
3.
Tujuan
·
Apakah tujuan pada program sesuai dengan latar
belakang program
·
Apakah tujuan umum dan tujuan khusus penyusunan
program tergambar dengan jelas dan dirinci
·
Apakah ada hubungan antara tujuan umum dan
khusus
4.
Sasaran
·
Apakah sasaran dari program sudah jelas
·
Apakah dijelaskan cara pemilihan peserta
5. Materi
·
Apakah materi yang di berikan sesuai dengan
tujuan kegiatan
·
Apakah materi
bersifat teori
·
Apakah materi yang diberikan mampu memotivasi.
·
Apakah materi yang diberikan mudah dipahami.
·
Apakah
pemberian materi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
6.
Pemateri
·
Apakah
kemampuan pemateri sesuai dengan materi yang diajarkan
·
Apakah
jumlah pemateri sesuai dengan
bobot materi
·
Apakah
bahasa yang digunakan pemateri sopan.
·
Apakah penyampaian materinya menarik.
7.
Waktu
·
Apakah terdapat kesesuaian waktu dengan materi
yag diberikan
·
Apakah pembagian waktu sudah sesuai dengan waktu
yang dibutuhkan
·
Apakah terdapat kesesuaian waktu dengan bobot
masing-masing materi.
8.
Pendanaan
·
Apakah sumber pendanaan disebutkan dengan jelas
·
Apakah alokasi dana sudah tepat
·
Apakah terdapat kesesuaian antara pemasukan
dengan pengeluaran
·
Apakah terdapat ketepatan pengeluaran dana
9.
Sarana
·
Apakah media yang digunakan sesuai dengan materi
yang diberikan
·
Apakah perlengakapan yang dibutuhkan sudah
tersedia secara maksimal
·
Apakan fasilitas logasi atau ruangan yang
digunakan sudah mendukung untuk melakukan kegiatan pelatihan
10. Panitia
·
Apakah jumpah panitia sudah mencukupi untuk
pelaksanaan kegiatan pelatihan
·
Apakah jumlah panitia sesuai dengan job kerja
panitia yang telah dibagi
·
Apakah terdapat kesesuaian kemampuan panitia
dengan job kerjanya
C.Tujuan
1.
Tujuan Umum
Adapun tujuan umum
dilakukannya evaluasi pada program kepelatihan ini adalah sebagai berikut :
a) Mampu
memberikan pengetahuan kepada peserta pelatihan tentang media pembelajaran
b) Meningkatkan
kemampuan peserta pelatihan dalam membuat ataupun merancang media pembelajaran
untuk digunakan dalam pembelajaran
c) Meningkatkan
kemampuan peserta kepelatihan dalam menggunakan media pembelajaran dalam
pembelajaran matematika
2.
Tujuan Khusus
Adapun tujuan
kusus dari evaluasi yaitu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a) Apakah
cover program sudah sesuai dengan isi program
b) Apakah
latar belakang menggambarkan fenomena dari program
c) Apakah
tujuan sudah sesuai dengan latar belakang program
d) Apakah
sasaran pada program sudah tepat
e) Apakah
materi yang dikemukakan sudah sesuai dengan program yang dilaksanakan
f) Apakah
terdapat kesesuaian waktu dengan materi
g) Apakah
fasilitas yang digunakan sudah mencukupi untuk kegiatan
h) Apakah
pendanaan sudah mencukupi bagi kegiatan program kepelatihan tersebut
i)
Apakah sesuai panitia dengan job kerja
D.Manfaat
Adapun manfaat dari evaluasi program ini adalah sebagai
berikut :
1. Bagi
pembuat program yaitu sebagai acuan untuk menciptakan program yang lebih
maksimal
2. Bagi evaluator, sebagai pemantapan
ilmu mengenai Evaluasi Program.
E.Populasi dan Sampel
Dalam rancangan evaluasi ini yang
menjadi populasi adalah keseluruhan komponen program dan yang menjadi sampelnya
adalah program pelatihan.
F.Sumber Data
Sumber data pada evaluasi program ini adalah sebagai
berikut :
1.
Semua komponen yang ada dalam kegiatan pelatihan
yaitu pada pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pada mata
pelajaran matematika bagi guru sekolah dasar se Kabupaten Tanah Datar
2.
Dari proposal kegiatan pelatihan pembuatan dan
penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika bagi guru sekolah
dasar se Kabupaten Tanah Datar
G.Teknik dan Alat
Pengumpulan Data
Untuk mengetahui kelengkapan dari
pembuatan rancangan pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pada
mata pelajaran matematika bagi guru sekolah dasar se Kabupaten Tanah Datar
digunakan metode observasi dandokumentasi, hal ini dilakukan untuk mengetahui
setiap komponen yang terdapat dalam program tersebut langsung dari perancang
program.
H.Teknik Analisi Data
Di
dalam pengumpulan data dari evaluasi program ini adalah dengan menggunakan
teknik menganalisis data deskriptif kualitatif.
I.Pendekatan
Evaluasi dan Model Evaluasi
Model evaluasi yang digunakan dalam
evaluasi ini adalah model CIPP. Hal ini disebabkan karena evaluator
ingin mengevaluasi keseluruhan isi dari program Pelatihan pembuatan dan
penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika bagi guru sekolah
dasar se Kabupaten Tanah Datar
Sedangkan pendekatan yang di
laksanakan adalah pendekatan yang Berorientasi Pada Keputusan. Setelah proses
evaluasi, maka evaluator dapat memberikan rekomendasi kepada programmer tentang
apakah program tersebut bisa dilaksanakan atau tidak berdasarkan hasil evaluasi
yang telah dilakukan.
J.Kisi-Kisi dan Instrumen
Dalam melakukan evaluasi pada
pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran
matematika bagi guru sekolah dasar se Kabupaten Tanah Datar maka perlu
dilakukan pembuatan kisi-kisi dan instrumen penelitian.
KISI-KISI EVALUASI PROGRAM
NO
|
DISTRIBUTOR
|
INDIKATOR
|
1
|
Cover
|
·
Kesesuaian judul cover dengan program
|
2
|
Latarbelakang
|
·
Menjelaskan keberadaan program
·
harapan programmer
|
3
|
Tujuan
|
·
tujuan umum
·
tujuan khusus
|
4
|
Sasaran
|
·
Kejelasan
|
5
|
Waktu
|
·
Sesuai dengan rencana
|
6
|
Sarana
|
·
Kaitan dengan materi
|
7
|
Evaluasi
|
·
Sesuai
dengan pokok bahasan / sub pokok bahasan
·
Tingkat
kemudahan / pemahaman
·
Relevan
dengan materi
|
INSTRUMEN EVALUASI DOKUMENTASI
NO
|
ASPEK YANG AKAN
DINILAI
|
INDIKATOR
|
KRITERIA
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
COVER
|
·
penulisan judul telah sesuai dengan syarat
judul program
·
judul pada cover sesuai dengan isi program
·
cover tercantum nama pembuat program
·
judul mudah dipahami oleh pembaca
|
|
|
|
|
2
|
LATAR BELAKANG
|
·
latar belakang sudah menjelaskan program yang
diadakan
·
kesesuaian permasalahan dengan rancangan
program
·
latar belakang terdapat kejelasan fenomena yang
mendasari pembuatan program
·
kesesuaian fenomena dengan rancagan program
|
|
|
|
|
3
|
TUJUAN
|
·
tujuan pada program sesuai dengan latar
belakang program
·
tujuan umum dan tujuan khusus penyusunan
program tergambar dengan jelas dan dirinci
·
hubungan antara tujuan umum dan khusus
|
|
|
|
|
4
|
SASARAN
|
·
sasaran dari program sudah jelas
·
dijelaskan cara pemilihan peserta
|
|
|
|
|
5
|
WAKTU
|
·
kesesuaian waktu dengan materi yag diberikan
·
pembagian waktu sudah sesuai dengan waktu yang
dibutuhkan
·
kesesuaian waktu dengan bobot masing-masing
materi.
|
|
|
|
|
6
|
SARANA
|
·
perlengakapan yang dibutuhkan sudah tersedia
secara maksimal Kesesuaian media dengan materi
·
media yang digunakan sesuai dengan materi yang
diberikan
|
|
|
|
|
7
|
PENDANAAN
|
·
sumber pendanaan disebutkan dengan jelas
·
alokasi dana sudah tepat
·
kesesuaian antara pemasukan dengan pengeluaran
·
ketepatan pengeluaran dana
|
|
|
|
|
8
|
PEMATERI
|
·
kemampuan
pemateri sesuai dengan
materi yang diajarkan
·
jumlah
pemateri sesuai dengan bobot
materi
·
bahasa
yang digunakan pemateri sopan.
·
penyampaian materinya menarik.
|
|
|
|
|
9
|
MATERI
|
·
materi yang di berikan sesuai dengan tujuan
kegiatan
·
materi
bersifat teori
·
materi yang diberikan mampu memotivasi.
·
materi yang diberikan mudah dipahami.
·
pemberian materi sesuai dengan jadwal yang
telah ditentukan
|
|
|
|
|
10
|
PANITIA
|
·
jumlah panitia penyelenggara dengan kerja
·
kemampuan panitia penyelenggara dengan kerja
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Sangat sesuai
2.
Sesuai
3.
Cukup
4. Kurang
No comments:
Post a Comment