PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
A. Pengertian
Pendekatan Pembelajaran
Banyak kegiatan belajar
mengajar yang bisa dilakukan oleh guru.Yaitu guru memberikan bahan belajar
kepada siswa untuk dikerjakan secara individu di kelas.Guru bertugas mengontrol
masing-masing siswa dan memberikan bimbungan.Guru menyesiakan bahan yang
diperlukan oleh masing-masing kelompok dan memberikan bimbingan yang
dibutuhkan.
- Pendekatan ditinjau dari segi pengolahan pesan
Terdapat
dua cara pandangan mengenai pendektan dalam proses belajar
a) Belajar
penerimaan, Langkah-langkahnya sebagai berikut
·
Penyajian informasi diberikan dalam
bentuk demonstrasi
·
Tes terhadap resepsi, ungkapan, dan
pemahaman
·
Menyediakan kesempatan untuk menerapkan
prinsip umum sebagai latihan
·
Menyesdiakan kesempatan untuk penerapan
kedalam situasi nyata
b) Belajar
penemuan,langkahnya sebagai berikut
·
Menyajikan kesempatan untuk bertindak
atau berbuat
·
Tes taerhadap pemahaman hubungan sebab
akibat
·
Penyajian kesempatan guna penerapan hal
yang dipelajari ke dalam situasi atau masalah yang nyata
- B. Pendekatan ditinjau dari segi pengorganisasian siswa
1. Pembelajaran
secara individual
Ciri-ciri utama pembelajaran individual
dapat dilihat dari beberapa hal
·
Pencapaian tujuan pengajaran
Pencapaian tujuan pengajaran pada
pengajaran individual tergntung kepada kemampuan individual siswa
·
Peranan siswa dan guru
Pada pembelajaran individual siswa
memiliki keluasan dalam beberapa hal.dan peran guru pada pembelajaran
individual adalah membantu merencanakan kegiatan mengorganisasikan kegiatan
belajar, memberikan fasilitas, dan mempermudah car belajar
·
Program pembelajaran
Program pembelajaran individual adalah
program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan secara mandiri
dengan bantuan yang sangat minim dari guru.Program pembelajaran individual
berorientasi pada pembarian fasilitas pada setiap siswa agar siswa dapat
belajar secara mandiri.
2. Pembelajaran
Secara Kelompok
Ciri-cirinya adalah sebagai berikut
·
Pencapaian tujuan pengajaran
Pencapaian pengajaran pada pembelajaran
kelompok dapat dicapai melalui proses kerja kelompok.Pembagian kerja untuk
masing-masing anggota kelompok
·
Peranan guru dan siswa
Dalam pembelajaran kelompok siswa adalah
anggota kelompok belajar.dan memiliki kesadaran bersama untuk mewujudkan tujuan
kelompok.Peran guru dalam pembelajaran kelompok adalah memberikan perhatian
kepada semangat kerja kelompok dalam memecahkan masalah kelompok
3. Pembelajaran
secara klasikal
Penagajaran secara klasikal merupakan
pengajaran yang paling praktis dimana seorang guru menghadapi siswa yang jumlahnya
mencapai empat puluhan.
Pengelolaan pembelajran bertujuan untuk
mencapai tujuan belajar.Tekanan utama dalam pembelajaran klasikal adalah
anggota kelas.Oleh karna itu perlu menyusun desain instruksional yang lengkap
- C. Pendekatan Ditinjau Dari Segi Format Belajar
·
Pembelajaran tatap muka, adalah proses
pembelajaran dimana guru dan siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang
berlangsung.Permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran langsung dapat
dibicarakan dengan guru
·
Pembelajaran non-tatap muka, yaitu siswa
tidak berinteraksi secara langsung dengan siswa.Dalam belajar mandiri siswa
menggunakan bahan belajar yang telah di desai secara khusus.Bahan tersebut
dipelajari tanpa adanya guru
- D. Posisi Guru dan Siswa dalam Pengelolaan Pesan
No comments:
Post a Comment