SYARAT-SYARAT KESUKSESAN BELAJAR



SYARAT-SYARAT KESUKSESAN BELAJAR

1.Kesuksesan belajar dan PTDSL
Tugas utama siswa adalah belajar.Belajar merupakan kegiatan menguasai materi pelajaran atau perkuliahan yang merupakan upaya pengembangan diri dalam segenap bidang kehidupan.Kegiatan belajar siswa dalam mengikuti PBM tergantung pada lima hal :
·         Persyaratan penguasaan materi           (disingkat P)
·         Keterampilan belajar                           (disingkat T)
·         Sarana belajar                                      (disingkat S)
·         Keadaan diri pribadi                           (disingkat D)
·         Lingkunagan belajar                            (disingkat L)
2.PTDSL

  • a)      Persyaratan penguasaan materi (P)

Secara singkat beberapa persyaratan materi belajar yang dimaksud :
·         Tugas pelajaran tidak dapat dikerjakan dengan baik karna materi pelajaran tidak dikuasai dengan baik
·         Tidak mengulang kembali materi yang diberikan oleh guru pada pelajaran sebelummnya
·         Apabila terpaksa tidak mengikuti pelajaran
·         Tidak dapat mengkaitkan atau melihat urutan yang teratur pada setiap materi pelajaran
·         Tidak berusaha menguasai materi pelajaran terdahulu sebagai persiapan untuk mengahadapi materi berikutnya

  • b)      Keterampilan belajar (T)

Menurut Ron Fry mengemukakan ada tujuh keterampilan :
·         Siswa mengatur pelajaran
·         Siswa membaca dan mengingat
·         Siswa mengatur waktu belajar
·         Siswa mengikuti pelajaran di kelas
·         Siswa menggunakan kepustakaan dan sumber-sumber belajar
·         Siwa menulis karya tulis dengan baik
·         Siswa mempersiapkan diri untuak ujian

  • c)      Sarana beajar (S)

Yang diaharapkan tersedia dan dimanfaatkan secara baik oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar :
·         Dana
·         Perlengkapan sekolah umumnya
·         Buku-buku sumber
·         Alat-alat praktek
·         Ruang belajar beserta perlengkapannya

  • d)     Keadaan diri pribadi (D)

Kondisi atau keadaan diri yang dimaksud dalam menjalani kegiatan belajar antara lain:
·         Kondisi kesehatan fisik pada umumnya
·         Minat, bakat, dan kemampuan
·         Rasa percaya diri, kemauan dan semangat
·         Persepsi, dan keyakinan pentingnya kesuksesan belajar
·         Aspirasi terhadap pendidikan

  • e)      Lingkungan sosial-Emosional (L)

Lingkungan Sosio-Emosional yang dapat mengganggu kelancaran belajar siswa meliputi :
·         Hubungan guru dengan siswa dan sesama siswa
·         Hubungan dan perlakuan anggota keluarga
·         Suasana lingkungan beajar (dirumah dan disekolah)
·         Pergaulan dengan teman-teman diluar sekolah
·         Kondisi geografis tempat tinggal dan sekolah
Sejalan dengan Keterampilan belajar di atas , satuan tugas kusus 3SCPD (1997).Ada lima keterampilan belajar:

  • 1.      Program studi dan beban studi

Terdapat empat unsur yang perlu didalami oleh siswa:
·         Program studi atau atau sekolah secara lengkap
·         Kurikulum dan mata pelajaran yang akan diikuti
·         Penyusunan rencana belajar
·         Pemahaman kegiatan akademik lainnya spt kegiatan praktek di labor

  • 2.      Kemampuan menjalani pembelajaran secara efektif

Empat unsur pokok yang sangat penting diperhatikan oleh guru agar siswa agar terlampil :
·         Sikap positif terhadap pelajaran, yaitu mencakup persepsi yang positif terhadap sekolah
·         Persiapan diri untuk belajar
·         Mengikuti pelajaran dengan baik
·         Kegiatan pasca belajar yaitu melengkapi catatan, pemerkasaan, menyelenggarakan latihan, dan menerjakan tugas-tugas.

  • 3.      Peningkatan kemampuan belajar

Unsur yang perlu diperhatikan dalam peningkatan mutu belajar:
·         Minat dan semangat belajar
·         Kegiatan membaca yang dilakukan dengan cermat
·         Hasil bacaan dengan menguasi keseluruhan hasil belajar

  • 4.      Kemampuan mengingat, konsentrasi, dan ketahanan dalam belajar

A.    Kemampuan mengingat
Dapat ditingkatkan melalui berbagai cara :
·         Pencapaian kriteria kemampuan mengingat : volume, kualitas dan kegunaan
·         Pentahapan dan teknik mengingat
B.     Konsentrasi dalam belajar
Dapat ditingkatkan melalui:
·         Penetapan tujuan belajar denga cara membagi-bagi bahan
·         Pengendalian lingkungan spertisuasana hati
C.     Ketahanan dasar balajar
Ketahanan dalam belajar dapat ditingkatkan dengan memperhatikan dengan memperhatikan unsur-unsur yang mempengaruhinya.

No comments: