SYARAT-SYARAT
KESUKSESAN BELAJAR
1.Kesuksesan
belajar dan PTDSL
Tugas
utama siswa adalah belajar.Belajar merupakan kegiatan menguasai materi
pelajaran atau perkuliahan yang merupakan upaya pengembangan diri dalam segenap
bidang kehidupan.Kegiatan belajar siswa dalam mengikuti PBM tergantung pada
lima hal :
·
Persyaratan penguasaan materi (disingkat P)
·
Keterampilan belajar (disingkat T)
·
Sarana belajar (disingkat S)
·
Keadaan diri pribadi (disingkat D)
·
Lingkunagan belajar (disingkat L)
2.PTDSL
- a) Persyaratan penguasaan materi (P)
Secara
singkat beberapa persyaratan materi belajar yang dimaksud :
·
Tugas pelajaran tidak dapat dikerjakan
dengan baik karna materi pelajaran tidak dikuasai dengan baik
·
Tidak mengulang kembali materi yang
diberikan oleh guru pada pelajaran sebelummnya
·
Apabila terpaksa tidak mengikuti
pelajaran
·
Tidak dapat mengkaitkan atau melihat
urutan yang teratur pada setiap materi pelajaran
·
Tidak berusaha menguasai materi
pelajaran terdahulu sebagai persiapan untuk mengahadapi materi berikutnya
- b) Keterampilan belajar (T)
Menurut
Ron Fry mengemukakan ada tujuh keterampilan :
·
Siswa mengatur pelajaran
·
Siswa membaca dan mengingat
·
Siswa mengatur waktu belajar
·
Siswa mengikuti pelajaran di kelas
·
Siswa menggunakan kepustakaan dan
sumber-sumber belajar
·
Siwa menulis karya tulis dengan baik
·
Siswa mempersiapkan diri untuak ujian
- c) Sarana beajar (S)
Yang
diaharapkan tersedia dan dimanfaatkan secara baik oleh siswa dalam kegiatan
belajar mengajar :
·
Dana
·
Perlengkapan sekolah umumnya
·
Buku-buku sumber
·
Alat-alat praktek
·
Ruang belajar beserta perlengkapannya
- d) Keadaan diri pribadi (D)
Kondisi
atau keadaan diri yang dimaksud dalam menjalani kegiatan belajar antara lain:
·
Kondisi kesehatan fisik pada umumnya
·
Minat, bakat, dan kemampuan
·
Rasa percaya diri, kemauan dan semangat
·
Persepsi, dan keyakinan pentingnya
kesuksesan belajar
·
Aspirasi terhadap pendidikan
- e) Lingkungan sosial-Emosional (L)
Lingkungan
Sosio-Emosional yang dapat mengganggu kelancaran belajar siswa meliputi :
·
Hubungan guru dengan siswa dan sesama
siswa
·
Hubungan dan perlakuan anggota keluarga
·
Suasana lingkungan beajar (dirumah dan
disekolah)
·
Pergaulan dengan teman-teman diluar
sekolah
·
Kondisi geografis tempat tinggal dan
sekolah
Sejalan dengan Keterampilan belajar
di atas , satuan tugas kusus 3SCPD (1997).Ada lima keterampilan belajar:
- 1. Program studi dan beban studi
Terdapat
empat unsur yang perlu didalami oleh siswa:
·
Program studi atau atau sekolah secara
lengkap
·
Kurikulum dan mata pelajaran yang akan
diikuti
·
Penyusunan rencana belajar
·
Pemahaman kegiatan akademik lainnya spt
kegiatan praktek di labor
- 2. Kemampuan menjalani pembelajaran secara efektif
Empat
unsur pokok yang sangat penting diperhatikan oleh guru agar siswa agar
terlampil :
·
Sikap positif terhadap pelajaran, yaitu
mencakup persepsi yang positif terhadap sekolah
·
Persiapan diri untuk belajar
·
Mengikuti pelajaran dengan baik
·
Kegiatan pasca belajar yaitu melengkapi
catatan, pemerkasaan, menyelenggarakan latihan, dan menerjakan tugas-tugas.
- 3. Peningkatan kemampuan belajar
Unsur
yang perlu diperhatikan dalam peningkatan mutu belajar:
·
Minat dan semangat belajar
·
Kegiatan membaca yang dilakukan dengan
cermat
·
Hasil bacaan dengan menguasi keseluruhan
hasil belajar
- 4. Kemampuan mengingat, konsentrasi, dan ketahanan dalam belajar
A. Kemampuan
mengingat
Dapat ditingkatkan
melalui berbagai cara :
·
Pencapaian kriteria kemampuan mengingat
: volume, kualitas dan kegunaan
·
Pentahapan dan teknik mengingat
B. Konsentrasi
dalam belajar
Dapat ditingkatkan
melalui:
·
Penetapan tujuan belajar denga cara
membagi-bagi bahan
·
Pengendalian lingkungan spertisuasana
hati
C. Ketahanan
dasar balajar
Ketahanan dalam belajar dapat
ditingkatkan dengan memperhatikan dengan memperhatikan unsur-unsur yang
mempengaruhinya.
No comments:
Post a Comment