Kawasan Penilaian Pada Pendidikan

Penilaian dalam arti paling luas yaitu aktifitas manusia sehari-hari dalam pendidikan dalam pendidikan formal, banyak diantaranya yang didanai oleh pemerintah federal menuntut perlunya program penilaian yang bersifat formal pula. Berikut defenisi dari jenis-jenis penilaian:
1.      Penilaian program
Yaitu: evaluasi yang menaksir kegiatan pendidikan yang memberikan pelayanan secara berkesinambungan dan sering terlibat dalam penyususnan kurikulum
2.      Penilaian proyek
Yaitu: evaluasi untuk menaksir kegiatan yang dibiayai secara khusus guna menentukan tugas tertentu dalam suatu kurun waktu.
3.      Penilaian bahan (produk pembelajaran)
Yaitu: evaluasi yang menaksi kebaikan atau manfaat isi yang menyangkut benda-benda fisik termasuk buku, pedoman kurikulu, film, pita rekaman, dan produk pembbelajaran lainnya yang dapat dipegang. Dalam kawasan penilaian terdapat 4 subkawasan yaitu:
·         Analisis masalah
Yaitu: mencakup segala penentuan sifat dan parameter masalah dengan nmenggunakan strategi pengumpilan informasi dan pengambilan keputusan analisis masalah diadakan untuk perencanaan program yang lebih memadai.
·         Pengukuran acuan patokan
Yaitu: meliputi teknik-teknik untuk mementukan kemampuan pelajar meguasai materi yang telah ditentukan sebelumnya. PAP memberikan informasi tentang penguasaan seseorang mengenai pengetahuan, sikap, atau keterampilan yang berkaitan dengan tujuan.
·         Penilaian sumatif dan formatif
1. Penilaian formatif berkaitan dengan pengumpulan informasi tentang kecukupan dan penggunaan informasi ini sebagai dasar pengembangan selanjutnya. Penilaian formatif dilaksanakan pada waktu pengembangan atau perbaikan program atau produk.
2. Penilaian sumatif berkaitan dengan pengumpuulan informasi tentang kecukupan untuk pengambilan keputusan dalam hal pemanfaatan. Penilaian sumatif dilaksanakan setelah selesai dan bagi kepentingan pihak luar atau pengambil keputusan.
Contohnya: apabila juru masak mencicipi sup maka hal tersebut adalah sumatif, namun apabila para tamu yang menncicipi sup tersebut maka hal tersebut adalah sumatif.
Contohnya : lembaga penyumbang dana, atau calon pengguna walaupun hal tersebut dapat dilaksanakan baik oleh evaluator luar dilibatkan dari pada sekedar penilaian formatif.

No comments: