Penilaian
dalam arti paling luas yaitu aktifitas manusia sehari-hari dalam pendidikan
dalam pendidikan formal, banyak diantaranya yang didanai oleh pemerintah
federal menuntut perlunya program penilaian yang bersifat formal pula. Berikut
defenisi dari jenis-jenis penilaian:
1.
Penilaian
program
Yaitu: evaluasi yang menaksir kegiatan pendidikan yang
memberikan pelayanan secara berkesinambungan dan sering terlibat dalam
penyususnan kurikulum
2.
Penilaian
proyek
Yaitu: evaluasi untuk menaksir kegiatan yang dibiayai secara
khusus guna menentukan tugas tertentu dalam suatu kurun waktu.
3.
Penilaian
bahan (produk pembelajaran)
Yaitu:
evaluasi yang menaksi kebaikan atau manfaat isi yang menyangkut benda-benda
fisik termasuk buku, pedoman kurikulu, film, pita rekaman, dan produk
pembbelajaran lainnya yang dapat dipegang. Dalam kawasan penilaian terdapat 4
subkawasan yaitu:
·
Analisis
masalah
Yaitu:
mencakup segala penentuan sifat dan parameter masalah dengan nmenggunakan
strategi pengumpilan informasi dan pengambilan keputusan analisis masalah
diadakan untuk perencanaan program yang lebih memadai.
·
Pengukuran
acuan patokan
Yaitu: meliputi
teknik-teknik untuk mementukan kemampuan pelajar meguasai materi yang telah
ditentukan sebelumnya. PAP memberikan informasi tentang penguasaan seseorang
mengenai pengetahuan, sikap, atau keterampilan yang berkaitan dengan tujuan.
·
Penilaian
sumatif dan formatif
1. Penilaian formatif berkaitan dengan
pengumpulan informasi tentang kecukupan dan penggunaan informasi ini sebagai
dasar pengembangan selanjutnya. Penilaian formatif dilaksanakan pada waktu
pengembangan atau perbaikan program atau produk.
2. Penilaian
sumatif berkaitan dengan pengumpuulan informasi tentang kecukupan untuk
pengambilan keputusan dalam hal pemanfaatan. Penilaian sumatif dilaksanakan
setelah selesai dan bagi kepentingan pihak luar atau pengambil keputusan.
Contohnya: apabila juru masak mencicipi sup maka hal tersebut
adalah sumatif, namun apabila para tamu yang menncicipi sup tersebut maka hal
tersebut adalah sumatif.
Contohnya : lembaga penyumbang dana, atau calon pengguna
walaupun hal tersebut dapat dilaksanakan baik oleh evaluator luar dilibatkan
dari pada sekedar penilaian formatif.
No comments:
Post a Comment