Kawasan Pemanfaatan dan Pengelolaan dalam Teknologi Pendidikan

Kawasan ini merupakan kawasan teknologi pendidikan yang tertua diantara kawasan-kawasan yang lain, karena pengunaan bahan audio visual secara teratur mendahului meluasnya perhatian terhadap desain dan produksi pembelajaran sistematis. Kawasan ini digolongkan pada 4 kategori yaitu: 
  • Pemanfaatan media
Yaitu: penggunaan yang sistematis dari sumber untuk belajar yang merupakan proses pengambilan keputusan berdasarkan spesifikasi pembelajaran.
  • ·         Difusi inovasi
Yaitu: proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi
·         Implementasi dan penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan sesungguhnya (bukan tersimulasikan)
yaitu: pelembagaan yang merupakan penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi pembelajaran dalam suatu struktur atau budaya organisasi
  • ·         Kebijakan dan regulasi
Yaitu: aturan dan tindakan dari masyarakat (wakilnya) yang mempengaruhi difusi atau penyebaran dan penggunaan teknnologi pembelajaran


Kawasan Pengelolaan
Merupakan bagian integral dalam bidang teknologi pendidikan dan dari pesan kebanyakan para teknolog pendidikan atau pengajaran. Pengelolaan meliputi pengendalian teknologi pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinisasian, dan superfisi secara singkat. Ada 4 kategori dalam kawasan pengelolaan yaitu:
·         Pengelolaan proyek
Yaitu: meliputi perencanaan, monitoring dan pengendalian proyek, desain dan pengembangan.
·         Pengelolaan sumber
Yaitu: mencakup perecanaan, pemantauan, dan pengendalian sistem pendukung dan pelayanan sumber. Pelayanan sumber sangat penting artinya karena mengatur pengendalian akses
·         Pengelolaan sistem penyampaian
Yaitu: meliputi perencanaan, pemanatauan, pengendalia “cara bagaimana distribusi bahan diorganosasikan
·         Pengelolaan informasi
Yaitu: meliputi perencanaan, pemantauan, dan pengendalian cara penyimpanan, pengiriman atau pemindahan atau pemrosesan informasi dalam rangka tersdianya sumber untuk kegiatan pembelajaran.

No comments: