Desain Evaluasi Program Pembelajara

DESAIN EVALUASI PROGRAM
PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR  SE KABUPATEN TANAH DATAR

A.Latar Belakang
Pendidikan dasar dilaksanakan di Sekolah Dasar bertujuan untuk memberikan kemempuan “baca, tulis, hitung”.Pengetahuan dan keterampilan dasar tersebut sangat bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut.Sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 Pasal 18 tentang Pendidikan Dasar yang berbunyi : “Pendidikan dasar bertujuan untuk mengembangkan kepribadian, sikap, pengetahuan, dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk hidup dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Untuk merealisasikan tujuan diatas pemerintah telah menetapkan Kurikulum 2004 yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Pada kurikulum pendidikan dasar tepatnya pada keterampilan proses dinyatakan bahwa mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar bertujuan agar siswa mampu mengembangkan keterampilan memecahkan masalah serta mempunyai sifat terbuka dan inovatif terhadap hal-hal yang baru yang bermanfaat bagi pengembangan diri.Untuk menciptakan keterampilan yang baik dalam pembelajaran matematika, guru harus memanfaatkan semua keterampilan yang ada dalam pembelajaran.Salah satu pemanfaatan tersebut adalah penggunaan media pembelajaranDalam pemanfaatan media dalam pembelajaran,khususnya dalam pembelajaran matematika seorang guru juga harus mampu dalam membuat media tersebut.
Oleh karena itu dibentuk sebuah kepelatihan yang mampu melatih guru-guru agar bisa meningkatkan pengetahuan serta kemampuannya dalam membuat dan menggunakan media dalam mengajar khususnya dalam pelajaran matematika.Kepelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran matematika dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh guru-guru di sekolah dasar di Kabupaten Tanah Datar.
Namum dalam pelaksanaan pelatihan tersebut terdapat banyak kekurangan.Setelah mengikuti kegiatan kepelatihan, masih banyak guru yang belum mampu membuat maupun menggunakan media dalam mengajar.Padahal telah mengikuti program kepelatihan secara maksimal.
Berdasarkan fenomena diatas maka dilakukan evaluasi atau penilaian terhadap program kepelatihan yang dilaksanakan tersebut yaitu “Peletihan Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar Se Kabupaten Tanah Datar”.
B.Problematika
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka yang menjadi permasalahan pokok dalam evaluasi Program Peletihan Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar Se Kabupaten Tanah Datar adalah:
1.      Cover Program
·         Apakah penulisan judul telah sesuai dengan syarat judul program
·         Apakah judul pada cover sesuai dengan isi program
·         Apakah pada cover tercantum nama pembuat program
·         Apakah judul mudah dipahami oleh pembaca
2.      Latar belakang
·         Apakah latar belakang sudah menjelaskan program yang diadakan
·         Apakah ada kesesuaian permasalahan dengan rancangan program
·         Apakah pada latar belakang terdapat kejelasan fenomena yang mendasari pembuatan program
·         Apakah terdapat kesesuaian fenomena dengan rancagan program
3.      Tujuan
·         Apakah tujuan pada program sesuai dengan latar belakang program
·         Apakah tujuan umum dan tujuan khusus penyusunan program tergambar dengan jelas dan dirinci
·         Apakah ada hubungan antara tujuan umum dan khusus



4.      Sasaran
·         Apakah sasaran dari program sudah jelas
·         Apakah dijelaskan cara pemilihan peserta
5.      Materi
·         Apakah materi yang di berikan sesuai dengan tujuan kegiatan
·         Apakah materi  bersifat teori
·         Apakah materi yang diberikan mampu memotivasi.
·         Apakah materi yang diberikan mudah dipahami.
·          Apakah pemberian materi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
6.      Pemateri
·         Apakah  kemampuan pemateri sesuai dengan materi yang diajarkan
·         Apakah jumlah pemateri sesuai dengan bobot materi
·         Apakah bahasa yang digunakan pemateri sopan.
·         Apakah penyampaian materinya menarik.
7.      Waktu
·         Apakah terdapat kesesuaian waktu dengan materi yag diberikan
·         Apakah pembagian waktu sudah sesuai dengan waktu yang dibutuhkan
·         Apakah terdapat kesesuaian waktu dengan bobot masing-masing materi.
8.      Pendanaan
·         Apakah sumber pendanaan disebutkan dengan jelas
·         Apakah alokasi dana sudah tepat
·         Apakah terdapat kesesuaian antara pemasukan dengan pengeluaran
·         Apakah terdapat ketepatan pengeluaran dana





9.      Sarana
·         Apakah media yang digunakan sesuai dengan materi yang diberikan
·         Apakah perlengakapan yang dibutuhkan sudah tersedia secara maksimal
·         Apakan fasilitas logasi atau ruangan yang digunakan sudah mendukung untuk melakukan kegiatan pelatihan
10. Panitia
·           Apakah jumpah panitia sudah mencukupi untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan
·         Apakah jumlah panitia sesuai dengan job kerja panitia yang telah dibagi
·         Apakah terdapat kesesuaian kemampuan panitia dengan job kerjanya
C.Tujuan
1.      Tujuan Umum
Adapun tujuan umum dilakukannya evaluasi pada program kepelatihan ini adalah sebagai berikut :
a)      Mampu memberikan pengetahuan kepada peserta pelatihan tentang media pembelajaran
b)      Meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam membuat ataupun merancang media pembelajaran untuk digunakan dalam pembelajaran
c)      Meningkatkan kemampuan peserta kepelatihan dalam menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika
2.      Tujuan Khusus
Adapun tujuan kusus dari evaluasi yaitu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a)      Apakah cover program sudah sesuai dengan isi program
b)      Apakah latar belakang menggambarkan fenomena dari program
c)      Apakah tujuan sudah sesuai dengan latar belakang program
d)     Apakah sasaran pada program sudah tepat
e)      Apakah materi yang dikemukakan sudah sesuai dengan program yang dilaksanakan
f)       Apakah terdapat kesesuaian waktu dengan materi
g)      Apakah fasilitas yang digunakan sudah mencukupi untuk kegiatan
h)      Apakah pendanaan sudah mencukupi bagi kegiatan program kepelatihan tersebut
i)        Apakah sesuai panitia dengan job kerja

D.Manfaat
Adapun manfaat dari evaluasi program ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagi pembuat program yaitu sebagai acuan untuk menciptakan program yang lebih maksimal
2.      Bagi evaluator, sebagai pemantapan ilmu mengenai Evaluasi Program.

E.Populasi dan Sampel
Dalam rancangan evaluasi ini yang menjadi populasi adalah keseluruhan komponen program dan yang menjadi sampelnya adalah program pelatihan.

F.Sumber Data
Sumber data pada evaluasi program ini adalah sebagai berikut :
1.      Semua komponen yang ada dalam kegiatan pelatihan yaitu pada pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika bagi guru sekolah dasar se Kabupaten Tanah Datar
2.      Dari proposal kegiatan pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika bagi guru sekolah dasar se Kabupaten Tanah Datar

G.Teknik dan Alat Pengumpulan Data
Untuk mengetahui kelengkapan dari pembuatan rancangan pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika bagi guru sekolah dasar se Kabupaten Tanah Datar digunakan metode observasi dandokumentasi, hal ini dilakukan untuk mengetahui setiap komponen yang terdapat dalam program tersebut langsung dari perancang program.






H.Teknik Analisi Data
Di dalam pengumpulan data dari evaluasi program ini adalah dengan menggunakan teknik menganalisis data deskriptif kualitatif.

I.Pendekatan Evaluasi dan Model Evaluasi
Model evaluasi yang digunakan dalam evaluasi ini adalah model CIPP. Hal ini disebabkan karena evaluator ingin mengevaluasi keseluruhan isi dari program Pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika bagi guru sekolah dasar se Kabupaten Tanah Datar
Sedangkan pendekatan yang di laksanakan adalah pendekatan yang Berorientasi Pada Keputusan. Setelah proses evaluasi, maka evaluator dapat memberikan rekomendasi kepada programmer tentang apakah program tersebut bisa dilaksanakan atau tidak berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan.

J.Kisi-Kisi dan Instrumen
Dalam melakukan evaluasi pada pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika bagi guru sekolah dasar se Kabupaten Tanah Datar maka perlu dilakukan pembuatan kisi-kisi dan instrumen penelitian.

KISI-KISI EVALUASI PROGRAM
NO
DISTRIBUTOR
INDIKATOR
1
Cover
·         Kesesuaian judul cover dengan program
2
Latarbelakang
·         Menjelaskan keberadaan program
·         harapan programmer
3
Tujuan
·         tujuan umum
·         tujuan khusus
4
Sasaran
·         Kejelasan
5
Waktu
·         Sesuai dengan rencana
6
Sarana
·         Kaitan dengan materi
7
Evaluasi
·         Sesuai dengan pokok bahasan / sub pokok bahasan
·         Tingkat kemudahan / pemahaman
·         Relevan dengan materi


INSTRUMEN EVALUASI DOKUMENTASI

NO
ASPEK YANG AKAN DINILAI
INDIKATOR
KRITERIA
1
2
3
4
1
COVER
·          penulisan judul telah sesuai dengan syarat judul program
·         judul pada cover sesuai dengan isi program
·         cover tercantum nama pembuat program
·         judul mudah dipahami oleh pembaca





2
LATAR BELAKANG
·         latar belakang sudah menjelaskan program yang diadakan
·         kesesuaian permasalahan dengan rancangan program
·         latar belakang terdapat kejelasan fenomena yang mendasari pembuatan program
·         kesesuaian fenomena dengan rancagan program






3
TUJUAN
·         tujuan pada program sesuai dengan latar belakang program

·         tujuan umum dan tujuan khusus penyusunan program tergambar dengan jelas dan dirinci
·         hubungan antara tujuan umum dan khusus











4
SASARAN
·         sasaran dari program sudah jelas
·         dijelaskan cara pemilihan peserta







5
WAKTU
·          kesesuaian waktu dengan materi yag diberikan
·         pembagian waktu sudah sesuai dengan waktu yang dibutuhkan
·         kesesuaian waktu dengan bobot masing-masing materi.










6
SARANA
·         perlengakapan yang dibutuhkan sudah tersedia secara maksimal Kesesuaian media dengan materi
·         media yang digunakan sesuai dengan materi yang diberikan







7
PENDANAAN
·         sumber pendanaan disebutkan dengan jelas
·         alokasi dana sudah tepat
·         kesesuaian antara pemasukan dengan pengeluaran
·         ketepatan pengeluaran dana





8
PEMATERI
·         kemampuan pemateri sesuai dengan materi yang diajarkan
·         jumlah pemateri sesuai dengan bobot materi
·         bahasa yang digunakan pemateri sopan.
·         penyampaian materinya menarik.





9
MATERI
·         materi yang di berikan sesuai dengan tujuan kegiatan
·         materi  bersifat teori
·         materi yang diberikan mampu memotivasi.
·         materi yang diberikan mudah dipahami.
·         pemberian materi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan





10
PANITIA
·         jumlah panitia penyelenggara dengan kerja
·         kemampuan panitia penyelenggara dengan kerja








Keterangan :
1.      Sangat sesuai
2.      Sesuai
3.      Cukup
4.      Kurang

No comments: