MENGAKU MUSLIM



Dia Allah telah menamai kamu sekalian orang-orang Muslim dari dahulu, dan begitu pula dalam Al Quran ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. (Al Quran Surat Al Haj:78)
Ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki seorang muslim sejati adalahs sebagai berikut.

Pertama :
SAYA HARUS MENGISLAMKAN AKIDAH SAYA
Syarat pertama pengakuan sebagai Muslim dan sebagai pemeluk agama Islam hendaknya memiliki akidah yang sahih, selaras dengan apa yang terdapat dalam Al Quran dan Sunnah Rasulullah SAW. Kita harus mengimanai apa yang telah diimani kaum Muslimin pertama, para salafusaleh, dan para iman yang telah diakui kebaikan, kesalehan, ketakwaan, dan pemahaman mereka yang lurus mengenai agama Allah Azza wa Jalla.
Ketika kamu mengakui sebagai seorang muslim, untuk mengislamkan akidah itu, ada beberapa konsekuensi yang harus diterima.
1.      Meyakini bahwa yang menciptakan alam ini adalah Allah Yang Hakim (Mahabijaksana), Qadir (Mahakuasa), Alim (Mahatahi), dan Qayum (Salalu Mengurus Makhluknya). Ini bisa dilihat dengan bukti –bukti nyata atas adanya keindahan, kesempurnaan, keserasian. Kita menyadari ketergantungan sebagian kita sebagai makhluk terhadap sesama kita dan makhluk lain, mustahil bisa bertahan tanpa ada yang mengendalikan, yakni Allah Yang Maha Tinggi (Al - Aliy) dan Yang Mahakuasa (Al- Qadir).
Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu (langit dan bumi) teah rusak binasa. Maka Mahasuci Allah yang mempunyai ‘Arsy dari apa yang mereka sifatkan. (Al Quran Surat Al-Anbiya : Ayat 22)
2.      Mengimani bahwa Al-Khalid (Sang Maha Pencipta) tidak menciptakan alam semesta ini secara sia-sia dalam apa yang diciptakannya.
3.      Meyakini bahwa Allah telah mengutus Rasul dan menurunkan kitab-kitab
4.      Meyakini bahwasanya tujuan keberadaan manusia adalah untuk mengenal Allah Swt.
5.      Meyakini bahwa balasan orang yang taat kepada Allah adalah surga.
6.      Meyakini bahwasanya manusia melaksanakan kebaikan dak kejahatan dengan usaha dan kehendak sendiri
7.      Mempunyai keyakinan bahwasanya ketetapan syariat adalah hak Allah.
8.      Mengetahuin nama-nama dan sifat-sifat Allah

No comments: