FOKUS EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN


 FOKUS EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN

FOKUS  EVALUASI
Pokus evaluasi yaitu mengkhususkan apa dan bagaimana evaluasi akan dilakukan.bila evaluasi  sudah terfokus,maka ini berarti proses dan desain dimulai.
  • A.    Apa Yang Akan Dievaluasi
Objek evaluasi yaitu apa yang akan dievaluasi,dapat berupa program,proyek,training,materi,atau bahkan evaluasi yang lain.apapun dapat menjadi objek evaluasi.tugas merumuskan dan menjelaskan objek yang akan dievaluasi tampaknya mudah dan sederhana,tapi malah sebaliknya.kenyataan justru merupakan tugas yang paling sulit dan merupakan tanggung jawab yang penting.ini disebabkan karena:
1)   Objek yang dievaluasi tidak statis,misalnya dalam suatu program,objek tersebut sedang berjalan,dapat saja dipengaruhi oleh kejadian di dalam maupun di luar dan terus berubah.
2)   Objek tampak berbeda,di suatu pihak administrator melihat begini,sedangkan klien begitu.
Beberpa contoh objek yang dapat dievaluasi (worthen B & sanders G.R.1987)
Kursus                                                                          proses analisis kebutuhan
Lokakarya                                                                     pelayanan konsultasi
Seri lokakarya                                                               program pengembangan staf
Kurikulum                                                                    seminar
System manajemen                                                       system failing
Program degree                                                            konfrensi
Manajemen system informasi                                       rapat-rapat
Materi modul                                                                symposium
System logistic                                                             dan lain-lain
  • B.     Proses Pempokusan Program
Langkah pertama merupakan hal yang penting dalam perjalanan adalah menunjukan tujuan perjalanan,menerangkan tentang apa dan bagaimana perjalanan akan ditempuh.hal yang sama juga terjadi dalam evaluasi.diskusi antara evaluator dan sponsor biasanya membicarakan tujuan utama evaluasi ,prosedur yang akan dilalui dan interaksi yang akan dilakukan selama evaluasi.pengembangan kerangka kerja disebut dengan “penfokusan evaluasi”kata focus digunakan untuk menerangkan proses,karena memperjelas dan mempertajam citra atau image dan memperjelas situasi.bila ingin memfokuskan evaluasi maka akan memperjelas pengertian tentang kebutuhan dan keinginan personel program dan sponsor,dan pengertian mereka tentang pengalaman dan kemampuan sebagai evaluator.lebih jauh lagi merumuskan landasan peraturan yang akan dipakai dalam evaluasi dan memilih isu yang akan dievaluasi.proses ini termasuk saling member informasi tentang program dan kebutuhan sponsor dan keahlian evaluator,merumuskan pertanyaan atau isu yang akan dievaluasi dan persetujuan tentang  pendekatan umum yang dipakai dalam pengumpulan informasi beserta analisisnya.

  • C.    Elemen –Elemen Proses Pempokusan
Ada tiga elemen dalam proes pemfokuskan (stecher brian M & W.alan davis),yaitu:
1.      Mempertemukan pengetahuan dan harapan
2.      Mengumpulkan informasi
3.      Merumuskan rencana evaluasi
 Semua komponen ini harus ada bila evaluasi direncanakan.walaupun ada urutan yang logis pada ketiga elemen tersebut,jarang sesuatu  tejadi dengan urutan yang teratur,dalam sekuen yang teratur,namun ketiga elemen tersebut harus ada. Pentinh pula untuk mengetahui  bagaimana mereka berinteraksi untuk menciptakan suatu variable rencana evaluasi. Sub-sub berikut ini akan membicarakan elemen-elemen tersbut lebih rinci lagi.
1.      Pengetahuan dan harapan yang telah ada
Telah dikatakan bahwa proses pemfokusan evaluasi  telah terjadi sebelum klien dan evaluator bertemu.masing-masing dating ke rapat denagan pengetahuan dan harapan yang telah ada sebelumnya.setiap evaluator mempunyai konsep sendiri tentang evaluasi.
Evaluator dan klien telah mempunyai kondisi awal ,ide,dan harapan tentang evaluasisebelum mereka bertemu yang akan mempengaruhi kerja sama mereka dalam mengevaluasi program.ini merupakan elemen yang pertama dalam memfokuskan evaluasi.
2.      Pengumpulan informasi
Elemen kedua dalam proses pemfokusan yaitu pengumpulan informasi.kedua pihak baik evaluator maupun klien harus banyak belajar tentang hal ini.evaluator harus akrab,maksudnya harus banyak tahu tentang program yang akan dievaluasi ,kebutuhan dan harapan,individu atau kelompok yang harud dilibatkan dan keterbatasan-keterbatasan yang berupa waktu,sumber-sumber,dan keterbatasan-keterbatasan lainnya.
Ada beberapa macam informasi yang perlu diketahui  evaluator tentang setiap program.pertanyaan tambahan yang ditanyakan akan tergantung pada program khusus yang didiskusikan dan kondisi saat evaluasi akan dikerjakan.
1)      Keterangan tentang program
2)      Evaluator harus tahu apa yang diinginkan klien
3)      Dalam tahap pengumpulan informasi perlu kiranya diketahui apakah ada individu atau kelompok lain yang berminat atas hasil evaluasi
4)      Evaluator biasanya akan berusaha untuk menemukan apa sumber-sumber yang dapat dimanfaatkan,dan apa keterbatasan –keterbatasan yang mungkin akan dihadapi yang akan membaatasi ruang gerak evaluasi. 

3.      Mambuat rencana evaluasi
Setelah mempelajari program dan keinginan klien,evaluator mulai memikirkan tentang kegiatan –kegiatan evaluasi.proses ini melibatkan penjelasan pertanyaan dari klien,membedakan kepentingan relative dari setiap pertanyaan .
Rencana evaluasi adalah persetujuan umum antara evaluator dan klien  yang menjelaskan isu-isu penting evaluasi.rencana itu biasanya awal dari penandatanganan persetujuan.biasanya merupakan persetujuan lisan,bukan tulisan.
Sebelum membuat rencana ada baiknya evaluator harus memahami:
1)      Evaluator harus mengerti tentang masalah evaluasi yang akan dialakukan
1)      Evaluator harus menjelaskan prosedur yang akan ditempuh dalam kegiatan evaluasi
2)      Evaluator harus menyetujui biaya evaluasi secara umum.

No comments: