Desain adalah
proses untuk menentukan kondisi belajar. Tujuan desain adalah untuk menciptakan
strategi dan produk pada tingkat makro seperti program dan kurikulum, pada
tingkat mikro seperti pelajaran dan modul. Defenisi ini sesuai dengan defenisi
desain sekarang yang mengacu pada tujuan spesifikasi. Berbeda dengan defenisi
dahulu yang lebih menekankan pada kondisi belajar bukan pada komponen-komponen
dalam suatu sistem pendidikan/pembelajaran.
Kawasan
desain paling tidak mencakupi 4 cakupan utama dari teori dan praktek yaitu
- Desain Sistem Pembelajaran
- Desain pesan
Yaitu: meliputi perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik
dari pesan yang mencakup prinsip-prinsip, perhatian, persepsi dan daya serap.
- Strategi pembelajaran
Suatu spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan
peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dam suatu pelajaran.
- Karateristik pelajar
Segi-segi latar belakang pengalaman pelajar yang bebrpengaruh
terhadap efektifitas proses belajarnya.
No comments:
Post a Comment