Kawasan Desain Pendidikan


Desain adalah proses untuk menentukan kondisi belajar. Tujuan desain adalah untuk menciptakan strategi dan produk pada tingkat makro seperti program dan kurikulum, pada tingkat mikro seperti pelajaran dan modul. Defenisi ini sesuai dengan defenisi desain sekarang yang mengacu pada tujuan spesifikasi. Berbeda dengan defenisi dahulu yang lebih menekankan pada kondisi belajar bukan pada komponen-komponen dalam suatu sistem pendidikan/pembelajaran.

Kawasan desain paling tidak mencakupi 4 cakupan utama dari teori dan praktek yaitu
  •  Desain Sistem Pembelajaran 
Yaitu: Prosedur yang terorganisasi yang meliputi langkah-langkah penganalisaan, perancangan, pengembangan, pengaplikasian, dan penilaian pembelajaran.
  • Desain pesan
Yaitu: meliputi perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan yang mencakup prinsip-prinsip, perhatian, persepsi dan daya serap. 
  • Strategi pembelajaran
Suatu spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dam suatu pelajaran.
  • Karateristik pelajar
Segi-segi latar belakang pengalaman pelajar yang bebrpengaruh terhadap efektifitas proses belajarnya.

No comments: