Struktur Makalh Ilmiah



Pendahuluan
  • a.       Di dalam pendahuluan ditulis lata belakang singkat dari judul, yaitu kondisi-kondisi atau gejala-gejala yang muncul secara kronologis, alasan pemilihan judul, tujuan, manfaat, dan sebagainya
  • b.      Di dalam kegiatan pendahuluan dengan topik tersendiri dikemukakan hal-hal atau masalah-masalah yang ada
Isi Makalah

  • a.       Di dalam makalah ditulis tindakan yang telah dilakukan, hal ini ditulis bila penulis melakukan tindakan tindakan khusus dalam ranka berusaha memecahkan masalah, misalnya pengamatan lapang atau melalui penelaahan keputusan atau hasil penelitian yang ada.
  • b.      Evaluasi dan/atau pembahasan ditulis pula dalam isi makalah yaitu uraian buah pikiran penulis tentang apa saja yang telah di\iuraikan terdahulu dengan cara berfikir deduktif dan induktif.
Simpulan dan Saran
  • a.       Sipulan pada bab yang terakhir ini biasanya hanya merupakan resume atau singkatan dari hasil-hasil evaluasi dan /atau pembahasan yang ada.
  • b.      Saran-saran yang diajukan adalah mengenai yang berkaitan dengan tindakan tindakan dalam pemecahan masalah yang diuraikan secara singkat. Karena itu, saran-saran harus bersifat operasional.
Daftar Pustaka
Daftar pustaka adalah bagian akhir dari struktur karya tulis ilmiah termasuk makalah. Tujuan utama daftar pustaka adalah memberi informasi mengenai dari mana orang menemukan sumber.
Daftar pustaka ini ditulis menurut abjad nama penulis tanpa mencantukmkan gelar dab nomor urut. Hal-hal yang disebutkan dalam daftar pustaka dan cara penulisannya sebagai berikut:
a.      Untuk buku, ditulis secara berurut sebagai berikut:
a.       Nama penulis
b.      Tahun penerbit
c.       Judul buku
d.      Tempat penebitan
e.       Nama penerbit
b.      Untuk jurnal, Buletin, Majalah
a.       Nama Penulis
b.      Tahun
c.       Judul Tulisan
d.      Nama Jurnal
e.       Jilid (dan nomor jika ada)

No comments: